Wahai Saudaraku ....Kemana lagi engkau akan kembali selain kepada Alloh Swt

Wahai para pencari ketenangan sesungguhnya ketenangan sejati ketika engkau bisa mengenal Alloh...Wahai para pencari ke ridhoan sesungguhnya hanya dari kerihoan Alloh saja yang akan menyelamatkan...Wahai para pencari kesenangan sesungguhnya kesenangan sejati hanya dari Alloh saja kelak ...

Kamis, 22 Januari 2009

Dahsyatnya pengaruh sugesti positif

Dalam dunia pendidikan kita selalu berinteraksi dengan beberapa komponen sekolah , dimulai dari Pengurus Yayasan Sekolah , orang tua murid, karyawan , guru , dan yang terpenting adalah murid.

Ketika seorang guru mengklaim dirinya sebagai orang yang berperan dalam proses transfer ilmu , maka sudah seharusnya guru tersebut membekali dirinya dengan ilmu – ilmu yang akan menunjang agar semua ilmu yang dimiliki oleh guru tersebut dapat diterima dengan baik dan benar oleh murid.

Penulis ingin mencoba mengajak pembaca untuk sedikit memahami tentang pentingnya sugesti positif dalam proses belajar dan juga pendidikan pada umunya. Dalam kamus besar bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka dijelaskan bahwa arti sugesti adalah anjuran , saran , dorongan atau pengaruh yang dapat menggerakkan hati orang. Jadi sugesti positif bisa didefinisikan sebagai pengaruh positif yang dapat menggerakan hati orang – orang yang mendengarnya untuk melakukan tindakan- tindakan positif bagi kehidupannya.

Adalah sebuah kisah yang penulis ambil dari sebuah buku , disana di ceritakan bagaimana seorang murid elementary school ( setingkat SD untuk Indonesia ) dimana dia mengalami kesulitan dalam belajar, dan dalam kenyataannya sampai beberapa tahun dia tidak bisa memperlihatkan hasil yang maksimal . Karena kondisi tersebut sang murid beberapa kali menerima hinaan atau teguran dari beberapa guru dan murid disekolah tersebut. Akibat yang terjadi dari hinaan tersebut ternyata bukannya membuat prestasi sang murid menjadi meningkat tetapi malah sebaliknya sang murid mengalami penurunan prestasi.

Untunglah dalam kondisi yang cukup kritis terdapat seorang guru yang mampu mengerti tentang pentingnya sugesti positif dalam proses belajar. Dengan kesabarannya guru tersebut mulai melakukan pendekatan dan mencoba memahami hal – hal yang mungkin menjadi penghalang sang murid mencapai prestasi terbaiknya. Sang murid menjelaskan sebenarnya dia tidak mengalami problema yang serius yang akan mengganggu prestasinya , hanya saja dia merasa kurang percaya diri akan kemampuannya.

Berawal dari hal tersebut sang guru mulai melakukan pendekatan dan menanamkan sugesti positif pada sang murid. Di setiap kesempatan sang guru selalu berkomunikasi dan menanyakan prestasi terbaik apa saja yang sudah dia lakukan pada hari itu , dan di setiap kesempatan itu pula sang guru selalu menanamkan sugesti positif . Dengan kata-katanya yang halus dan bijaksana sang guru selalu berkata, “ Kamu memang pintar dan bapak yakin kamu mampu berbuat yang lebih baik dari yang telah kamu lakukan pada hari ini “. Ucapan itu sangat dahyat pengaruhnya dan karena diucapkan oleh seorang guru maka sang murid mengalami peningkatan kepercayaan diri yang sangat pesat .

Hari demi hari sugesti positif itu selalu ditanamkan pada murid tersebut, bulan demi bulan sang guru dan murid mengalami interaksi yang positif , sampai pada akhirnya sang murid mampu mencapi prestasi terbaiknya.

Akhir dari kisah ini sang murid menjadi Profesor dibidang Fisika di Amerika Serikat.

Belajar dari kisah ini penulis menekankan bahwa pentingnya pemahaman tentang sugesti positif ini juga harus dimiliki oleh seorang ayah, ibu rumah tangga, dosen , dan tentu saja oleh seorang guru.

Seorang ayah dan ibu dalam sebuah keluarga pasti menginginkan sang buah hati yang telah dibesarkan dengan susah payah mencapai prestasi terbaiknya. Bila seorang ayah dan ibu tersebut tidak paham akan pentingnya sugesti positif maka bukan tidak mungkin ketika sang anak mengalami penurunan prestasi maka sang ayah dan ibu malah memberi makian atau ancaman. Dan bisa dibayangkan prestasi sang anak bukannya semakin meningkat tetapi semakin menurun . Begitu pula bila seorang dosen yang tidak paham akan pentiugnya sugesti positif maka bisa saja sang dosen mempermalukan mahasiswa – mahasiswanya yang mengalami prestasi yang buruk, dan bisa diperkirakan bahwa sang mahasiswa akan semakin benci dan semakin menjauh dari dosen tersebut sehingga bukannya prestasi yang baik yang dicapai oleh mahasiswa tersebut, tetapi kegagalanlah yang didapat oleh mahasiswa itu dalam mata kuliah tersebut.

Begitu banyak contoh dahsyatnya pengaruh sugesti positif dalam kehidupan ini, berikutnya adalah pentingnya seorang suami memahami sugesti positif agar dia mendapatkan kebahagian dalam rumah tangganya.

Seorang suami yang menjadi kepala keluarga maka seyogyanya dia mampu menjadi teladan dalam perkataan dan perbuatan bagi istri dan anak- anaknya. Proses mendidik seorang istri agar menjadi istri yang sholehah dan taat pada suaminya adalh suatu pekerjaan berat. Dengan pemahaman sugesti positif maka diharapkan sang suami mampu dengan sabar mendidik sang istri agar tercapai rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah. Seorang suami yang paham pentingnya sugesti positif tentu akan selalu berkata yang bijaksana dan menyejukan hati sang istri apabila sang istri melalukan tindakan yang kurang pas atau tidak sesuai dengan keinginannya, misalnya seorang istri yang belum terampil masak mencoba memasak dan hasilnya agak keasinan , maka sang suami yang paham pentingnya sugesti positif pasti akan berkata , “ masakan ibu sudah enak dan bapak yakin ibu memasak yang lebih enak dikemudian hari “. Begitulah bila terjadi interaksi positif maka akan terjadi efek domino , dimana sang istri akan semakin terampil memasak dan kehidupan dalam rumah tangganya akan semakin baik.

Sebaliknya bila sang suami dalam kisah diatas memberikan sugesti negatif kepada istrinya , bisa jadi sang istri akan berhenti belajar memasak dan pada akhirnya akan tercipta kehidupan yang kurang harmonis.

Kenyataan yang terjadi disekitar kita adalah banyaknya sugesti negatif yang diterima baik oleh murid di sekolah, sugesti negatif seorang anak di rumahnya dan sugesti negatif lain yang dia dapatkan dilingkungannya. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk bagi perkembangan mental dan pencapaian prestasinya.

Akhirnya penulis ingin mengajak kepada seluruh pembaca bahwa semua kata – kata yang diucapkan punya dampak yang sangat besar bagi orang yang mendengarnya, baik itu ucapan seorang ayah kepada anak dan istrinya, ucapan seorang guru kepada murid – muridnya, ucapan seorang dosen kepada mahasiswanya, ataupun ucapan pimpinan kantor kepada karyawannya. Untuk itu mari kita kembangkan sugesti positif ini dalam semua aspek kehidupan kita agar orang – orang yang mendengarkannya akan mengalami perkembangan mental yang positif , meningkat prestasinya dan pada akhirnya akan menumbuhkan suasana yang positif pula dalam semua aspek kehidupannya.

2 komentar:

  1. oke pak, berarti sugesti positif itu perlu ya pak untuk harmonisasinya hubungan antar manusia.

    BalasHapus
  2. Benar sekali ... dan mulailah kita untuk selalu memberikan sugesti positif kepada siapa saja karena Islam adalah agama Rahmatallil'alamin.

    Syukron,

    Suharsono
    Al-Fakir Ilmu

    BalasHapus